Fitra Eri kembali bikin gebrakan di Sirkuit Mandalika. Kali ini bukan dengan mobil balap modifikasi, melainkan Hyundai Ioniq 5N versi standar pabrik. Tanpa sentuhan khusus di suspensi, camber, atau ban, mobil listrik seberat 2,2 ton itu justru mencatatkan waktu yang bikin kaget. Target Fitra jelas: mengalahkan rekor pribadinya di Mandalika untuk mobil listrik, 1 menit 51,5 detik.
Awalnya, kondisi trek basah pascahujan membuat peluang tipis. Tapi justru di situlah kejutan datang. Pada percobaan pertama, catatan waktunya langsung turun ke 1 menit 50,5 detik. Tak berhenti di situ, di lap berikutnya ia sukses menembus batas psikologis 1 menit 50 detik. Hasil akhirnya? 1 menit 49,979 detik. Rekor baru yang mematahkan keragu-raguan soal performa EV di trek kelas dunia.
Lebih mengejutkan lagi, performa rem mobil tetap konsisten, tanpa gejala fading meski dipaksa berulang kali. Fitra mengaku terkesan dengan tenaga Ioniq 5N, yang mampu mengimbangi bobot besar mobil. Hanya saja, ada catatan serius: konsumsi daya yang buas. Satu putaran penuh Mandalika menguras sekitar 10% baterai. Dengan kata lain, sepuluh lap saja cukup menguras penuh daya mobil.
Pertanyaan besarnya kini bukan lagi apakah mobil listrik sanggup di trek, tapi seberapa lama ia bisa bertahan sebelum kehabisan energi. Dan Fitra Eri sudah membuktikan: standar pabrik saja bisa menulis sejarah.